Kamis, 06 Oktober 2011

BATIK is TRENDY


BATIK IS TRENDY
Batik itu antik sekali dan sangat cantik, sekarang makin banyak fashion trend yang menggunakan batik. Percuma untuk mempertahankan dan gembar-gembor untuk mencintai batik kalau kita sendiri tidak menghargainya. Masyarakat kita perlu lebih mengenal lagi, untuk lebih manyayangi lagi.


Apresiasi terhadap kebudayaan kita sangat dibutuhkan dan kesadaran untuk mengapresiasi itu perlu ditumbuhkan. Selama orang Indonesia tidak menghargai dan merasa bangga akan budaya mereka selama itu juga batik di Indonesia tidak lebih dari sekedar kain dengan motif tradisional.


UNESCO saja mangakui batik sebagai kekayaan asli budaya bangsa Indonesia. Kita sebagai bangsa Indonesia harusnya bangga dan semakin mencintai batik. Ini adalah bukti bahwa batik merupakan warisan budaya kita. Bukan punya bangsa lain dan tidak bias diklaim bangsa lain.
Namun setelah kasus klaim batik diakui sebagai budaya Negara tetangga, kini masyarakat kita menjadi tergugah untuk berlomba-lomba mengenakan busana batik dalam berbagai kesempatan, baik acara resmi, ke kantor (untuk busana kerja), maupun santai. Industri fashion kini tampil lebih variatif dengan hadirnya batik yang tidak kalah trendi dari bahan dasar lain.
TIPS MENGENAKAN BAJU BATIK
o   Baju batik bisa dipadupadankan dengan kain non-batik, mulai dari lurik dan tenun.
o   Supaya tampil serasi dan cantik, pastikan ada keserasian warna dalam padu padan busana batik.

o   Baju batik bisa dipadukan dengan kain jeans. Karena kain jeans cenderung netral, maka bahan ini bisa dipadukan dengan warna maupun motif batik jenis apapun.   

0 komentar:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com